Penyebab Kenapa Bayi Sering Gumoh dan Cara Mengatasinya

Posted on
Salah satu hal yang membuat kawatir orang tua yaitu terjadinya gumoh pada bayi. Fenomena ini biasanya banyak membuat bertanya – tanya, kenapa bayi sering gumoh, kenapa bayi bisa gumoh dan sebagainya. Sebenarnya gumoh pada bayi adalah hal yang cukup wajar, kejadian tersebut biasanya kerena pencernaan belum matang dan dapat menyebabkan isi perut keluar menjadi gumoh.
Gumoh merupakan jenis muntah yang terbilang ringan dan keluar hanya sedikit yang berbeda dengan muntah, dan bahkan kebanyakan kasus gumoh juga hanya menetes saja yang tercampur dengan air liur. Untuk antisipasi para orang tua sebaiknya harus tahu apa saja penyebabnya yang membuat bayi bisa gumoh, maka silahkan simak penyebabnya sebagai berikut.

Penyebab Bayi Gumoh

Bayi Menangis Berlebihan

Banyak kasus terjadinya gumoh pada bayi dikarenakan menangis, hal ini terjadi akibat ketika bayi sedang menangis dan sambil menyusu pada ibunya adanya udara yang ikut masuk bersamaan dengan susu yang terkadang juga bisa membuat bayi tersendak.

Kepekaan Pada Makanan

Biasanya hal ini juga terjadi pada makanan yang dikonsumsi bayi tersebut, kita sebagai orang tau semestinya harus tahu mana makanan yang baik buat bayi ataupun yang tidak baik buat bayi. Makanan yang belum semestinya di konsumsi oleh bayi hal tersebutlah yang dapat sering terjadi membuat bayi gumoh. Maka usahakan pilihlah makanan yang hanya kusus untuk bayi.
Mungkin itu saja penyebab yang kebanyakan bayi mengalaminya, jika dalam kasus berbeda seperti bayi sangat sering gumoh dan bahkan muntah. Saya sarankan untuk segera membawanya berobat ke dokter kusus agar dalam penangannya lebih baik.

Cara Mengatasi Bayi Gumoh

Setelah mengerti apa saja penyebab bayi gumoh, mungkin saat ini anda sudah punya sedikit gambaran cara mengatasinya agar tidak terulang lagi gumoh pada bayi anda. Nah untuk memperjelas anda dalam mengatasi gumoh pada bayi silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.
Jika bayi gumoh saat tidur terlentang, silahkan anda segera miringkan posisi badan bayi dan kepalanya, usahakan posisi kepala lebih rendah dengan posisi badan ( jangan menggunakan bantal ). jangan mengangkat bayi, bahaya aspirasi.
Jika gumoh terjadi pada saat bayi digendong, silahkan anda bungkukan badan sedikit kedepan.
Demikianlah penyebab kenapa bayi sering gumoh dan cara mengatasinya, kesehatan bayi kesayangan anda adalah hal no satu yang harus dijaga. Maka sebaiknya sesering mungkin untuk konsultasi ke dokter untuk mengetahui perkembangan kesehatan bayi anda. Semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna bagi anda yang sedang membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *